10 Talenta Muda Sepakbola Terbaik, Berasal dari Daerah Bahkan Pelosok

Bak sebuah mimpi, 10 anak muda dari daerah bahkan pelosok Nusantara ini mampu merasakan dilatih oleh oleh tiga pelatih dari klub sepak bola Manchester United Foundation Inggris

Mencicipi materi pelatihan sepakbola berkelas bukan hal setiap hari didapat

Tentunya inilah yang mungkin dirasakan oleh para remaja belasan tahun ini, ada yang membuat BakatBola angkat topi untuk  ajang yang diberi nama UNITED TRAINING, sebuah acara yang didedikasikan untuk memberi pelajaran berharga selama satu pekan  kepada bakat muda sepakbola Indonesia yang diikuti oleh 60 peserta pilihan yang berasal dari Bali, Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Papua.

Para peserta United Training 2016 kedatangan para pelatih dari MU Foundation yaitu antara lain Head Coach Dave Chapman, Chris Deardean dan Luke Morgan. Mereka pun mulai mendapatkan materi pelatihan sepak bola berupa simulasi pertandingan layaknya pertandingan Liga Champions dan Piala Dunia. Materi tersebut di berikan di Lapangan Tri Sakti, Legian Bali. dan tak tanggung-tanggung sponsor ternama seperti Corsa Archilles dan Kick Andy Foundation pun ikut membuat event ini kian mentereng.

bali_utd4

image:baliutd.com

Dalam event ini 60 pemain kemudian di mampatkan untuk mencari 10 pemain muda terbaik

Dan akhirnya acara yang digelar selama sepekan ini menelurkan 10 pemain yang setidaknya memberi angin segar dengan munculnya bibit-bibit sepakbola masa depan.

10 nama terpilih di acara United Training 2016 yaitu :

1. Syarif Hudin (Ambon)

2. Daniel Pahabol (Papua)

3. I Dewa Gede Agus Utama (Bali)

4. Mahatma Gandhi Alor (NTT)

5. Andreas (Papua)

6. Fandi (Maluku)

7. Farids (Alor)

8. Sigit Alhafid (Medan)

9. Yohan (Solo)

10. Agung (Bekasi)

10 Pemain ini berhasil menyisihkan 50 peserta lainnya dan 10 pemain tersebut berhak mendapatkan tabungan beasiswa senilai 10 Juta Rupiah setiap anaknya, kemudian paket Wisata Edukasi dari Krishna Bali, Tabungan dini dari Bank BRI, Tiket perjalanan dari Sriwijaya Air Serta piala dari Achilles Corsa dan juga Kick Andy Foundation.

 

Yang menarik adalah dari 10 pemain yang terdaftar ada satu pemain yang pernah menjadi Headline BakatBola terselip disana, dia adalah Agung Pantara (Bekasi), berikut liputannya:

BakatBola juga sangat ingin mengenal pemain lainnya, tentunya bila terdapat kesempatan bakatbola akan menghadirkan profil-profil pemain tersebut,

Tentunya ajang-anjang yang berskala Nasional seperti ini sangat memberi manfaat bagi para pemain muda, terlebih bagi mereka yang berada jauh dari ibukota.

 

Potensi Pemain Sepakbola dari Kampung / Desa

Pemain dari pelosok negeri ini layaknya mendapatkan kesempatan yang sama dalam menjadi bagian mengharumkan nama Ibu Pertiwi, bahkan pemain berbakat dari pelosok kampung sekalipun, Indra Safri sudah pernah menunjukkan hal itu dengan memberi kesempatan kepada pemuda seperti Ilham Udin Armain dan kawan-kawannya.

Jika anda telah menonton film bertema sepakbola yang baru saja dilirilis yang mengangkat legenda Hidup Brazil ‘PELE’, bahkan seorang pemain satu-satunya yang mampu merengkuh 3 trophy piala dunia ini  ditemukan pemandu bakat Santos saat memainkan bola ala primitif, alias main bola ala kampung.

Namun ternyata disitulah sang pemain hebat ditemukan, yang berlatih dengan fasilitas seadanya, jangankan sebuah lapangan layak, Pele pun hanya belajar sepakbola otodidak dari gang-gang sempit tanpa lapangan yang membuat gaya permainannya terlihat berbeda dan kontras dengan pemain lain. Bahkan berlatih juggling dan tendangan dengan pohon dan buah mangga dilakukan untuk mengasah kemampuannya.

Di film tersebut memberi gambaran kepada kita, tidak perduli asal usul kamu dari mana, ketika kamu punya kemampuan cukup satu “Tunjukkan Pada Dunia”

 

Bagi Pemain, nasib mereka juga berharap pemandu bakat Sepakbola bisa memperhatikan mereka

Kalimat ini memang terlihat sederhana, tapi hal ini akan terkesan rumit jika kamu pemain bola yang ada di pelosok-pelosok atau di pedalaman desa yang mungkin tidak banyak dikenal orang. Disini situasi akan benar-benar berbeda, artinya hanya untuk menarik pemandu bakat kamu harus dituntut untuk melewati jalan yang berliku.

Meskipun kamu memiliki skill dan kemampuan bermain sepakbola diatas rata-rata, Mustahil rasanya tiba-tiba seorang pemandu bakat club ternama negeri ini tiba-tiba menghampiri dan menawarkan kamu kesempatan trial di clubnya tanpa sebab. langkah yang panjang dan rumit harus kamu lalui, mulai dari dirimu harus terdaftar di SSB, ikut kompetisi antar SSB, ikut kompetisi diluar kota, hingga ikut kompetisi di kota-kota besar. setelah itu kemungkinan kamu menjadi pusat perhatian akan tinggi dan lain-lain dan hal itu semua butuh biaya yang tidak sedikit.

bali_utd2

image:baliutd.com

Cara unik menemukan bakat Sepakbola 

Ajang yang dikhususkan bagi pemain berbakat ini memberi peluang bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana untuk ikut mendapatkan pelajaran terbaik dalam bermain sepakbola, dan luar biasanya ajang ini juga mengakomodir para pemain dari daerah-daerah.

Menurut BakatBola apa yang dilakukan Bali United dan Corsa Archiles cukup unik, apa yang dilakukan mereka membuka mata kita. bahwa melalui perwakilan SSB di daerah bakat-bakat terbaik bisa terjaring dengan mudah dan para pemain pun dapat merasakan kesempatan yang sama seperti pemain lainnya.

Corsa Archiles selaku sponsor pun memboyong anak-anak terbaik dari daerah ini untuk mencicipi Strategi dan Racikan pemainan ala Eropa di Bali. 60 anak terbaik dikirim dari SSB mereka dan di gembleng selama satu pekan.

 

Menjaring bakat-bakat Sepakbola yang mampu wewakili kebhinekaan Indonesia

Hal menarik lainnya adalah bagaimana cara menjaring bakat-bakat tersebut. event ini memberikan gambaran cara scouting modern yang  seakan menjelajah seluruh Nusantara untuk menemukan bintang masa depan dan bukan tidak mungkin kita akan menjumpai mereka bertengger di jajaran Tim Nasional Indonesia. lihat saja daftar dari mana mereka 10 pemain terbaik yang terpilih, Papua, NTT, Bali, Maluku, Alor, Medan, Solo, Bekasi, ini bukan dalam satu pulau saja, mereka juga bukan teman sebangku dan mungkin baru kali ini mereka saling bertatap muka. Semangat kebhinekaan inilah yang harus ditumbuhkan dan munculnya pemain dari berbagai daerah juga akan menumbuhkan rasa percara diri bagi para pemain-pemain dari luar kota-kota besar untuk mampu bersaing tanpa ada alasan keterbatasan jarak, dan biaya.

Dengan sistem penyaringan seperti ini semoga pemain dan bintang masa depan Tim Nasional indonesia semakin berlimpah dan membuat sang coach semakin bingung menentukan pilihan.

 

Share & Like Artikel ini :
2237

7 thoughts on “10 Talenta Muda Sepakbola Terbaik, Berasal dari Daerah Bahkan Pelosok

  • 27 Mei 2016 at 7:21 am
    Permalink

    memang pemain di daerah harus dapat perhatian lebih, semoga kedepan semakin banyak lagi event seperti ini

    Reply
    • 28 Mei 2016 at 7:07 am
      Permalink

      Indonesia memang banyak pemain hebat, tinggal bagaimana mereka terexpose saja. banyak pemain tarkam bagus tapi sulit berkembang karirnya

      Reply
      • 3 November 2016 at 11:38 am
        Permalink

        قالب رائع ومتقناشكرك على مجهودكلكن هل هناك طريقة لازالة المصغرات التي تظهر جنب المدونة في الصفحة الرئيسيةوشكرا لك مرة اخرى على هذا القالب

        Reply
      • 3 November 2016 at 11:43 am
        Permalink

        Malvado Dylan: No conocía esa versión en español, la verdad me gustó, es muy buena, por los arreglos y la forma en como la interpretan los cuatro, no se pierde la escencia de la original de Johnny Cash.Saludos, muy buen aporte, muchas gracias por tu comentario.

        Reply
    • 12 Februari 2017 at 6:11 pm
      Permalink

      dnt mean to botherr but its alwayys been ma dreamm plzz pick me as u see as ma other comment ii do all those thinggs and i gt swagg plzz pickk me ii am a gud singger plzzz luv again Aliyah gomez

      Reply
    • 16 Februari 2017 at 3:09 pm
      Permalink

      Thanks , I have just been searching for information approximately this topic for a long time and yours is the greatest I’ve discovered till now. But, what about the conclusion? Are you sure concerning the supply?|What i don’t understood is actually how you’re no longer really much more neatly-favored than you might be now. You are so intelligent.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.