Tips Latihan Sepakbola yang Efektif

Sebagai pemain sepak bola kamu di tuntut  untuk mempunyai fisik dan mental yang prima sehingga di saat pertandingan yang akan di hadapi seorang pemain selalu siap, salah satu kunci untuk menjaga kebugaran baik fisik mau pun mental adalah dengan melakukan latihan secara efektif berikut tips bagaimana berlatih secara efektif dan efisien sehingga kamu selalu siap dalam kondisi prima di setiap saat dan membantu menghindari resiko cedera :

1. Lakukan latihan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai latihan yang lebih berat ini di bertujuan untuk menghindari otot pada tubuh kaget karena melakukan aktifitas berat yang beresiko mengakibatkan cedera seperti hamstring, keseleo, dan kram otot. Latihan pemanasan juga berfungsi melatih reflek gerak dan juga kelenturan pada tubuh.

2.  Atur jadwal latihan kamu, buatlah schedule untuk menyesuaikan porsi latihan sepak bola dan aktifitas lainnya, membuat jadwal latihan juga membantu menghidarkan kamu dari kekurangan stamina pada aktifitas lain. Jadwal juga membantu anda membantu merencanakan istirahat yang sangat penting untuk menjaga performa kamu di lapangan.

3. Atur pola makan, pola makan yang sehat membantu anda meberikan stamina tambahan juga membantu pertumbuhan tubuh semakin baik. Makan sehat berfungsi membuat tubuh anda rileks dan pikiran kamu tenang.

4. Gabung dengan Sekolah Sepak Bola /SSB, dengan mengikuti SSB, kamu akan mempunyai peluang menunjukkan kemampuan kamu dan mengasah cara bermain sepak bolamu. Sebaiknya mengikuti SSB sejak kecil, namun kalau kamu sudah terlanjur dewasa ikut saja tim sepak bola persatuan. Kenapa saya menyarankan untuk gabung ke persatuan sepak bola / SSB ? jawabannya ada di tips kelima

5. Mengikuti Pertandingan / Kompetisi kalau kamu cuma belajar sendiri, kecil kemungkinan kamu bisa menimba ilmu dari orang lain di luar sana. Dengan adanya kompetisi, kamu bisa mengukur kemampuanmu dalam sepak bola, mengukur kontribusi kamu dalam tim. nah bagaimana jika tidak gabung dengan SSB ? ya coba aja ikut kompetisi di kampung-kampung, tidak berbeda jauh kok yang penting coba ukur kemampuan kamu bermain secara tim. Ketika kamu berhasil menjadi bagian tim, kamu pasti akan memperoleh kesempatan lainnya seperti promosi, diajak teman gabung dengan timnya, dll.

6. Cari posisi bermain yang pas buat kamu, nah bagian ini kamu sendiri yang lebih tau, kalau saya boleh menyarankan kamu bisa minta pelatih untuk menempatkan posisi yang kamu sukai dan berikan kontribusi dari posisi yang diberikan oleh pelatih. Lalu bagaimana yang belum tau posisi yang cocok? kamu bisa meminta pelatih untuk membiarkan kamu bermain di segala posisi, tentu saja ini dilakukan pada saat latihan saja, misalnya pada hari senin minta diposisi gelandang, selasa striker, rabu menjadi bek, duh tiap hari latihannya, hehehe

7. Cari referensi cara bermain sepak bola juga dapat kamu asah dengan menonton tutorial di Youtube, ada banyak tutorial disana seperti bagaimana melakukan trik melewati lawan, bagaimana harus menghadapi lawan dan masih banyak lagi yang lain.

Nah itu dia caranya latihan yang efektif, kalau kamu tidak punya bakat dari lahir berarti kamu punya waktu yang lebih lama untuk dihabiskan dalam latihan sepakbola, tidak perlu menyalahkan bakat, karena jika kamu memiliki passion dibidang itu pasti deh kamu bisa menguasainya. – NJ SuperSkillsSoccer –

Share & Like Artikel ini :
2237

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.