Tehnik Freekick Keren yang Bisa Buat Goal Indah

Free kick atau tendangan bebas merupakan kondisi yang di hasilkan pada sepak bola saat pemain di langgar oleh lawan, kondisi free kick biasanya di manfaatkan untuk mencetak gol dan memberikan keuntungan maupun membalikan keuntungan. Banyak pemain kelas dunia dapat mencetak goal dari tendangan bebas dengan indah, sebut saja Cristiano Ronaldo, Robert Carlos, Andrea Pirlo, David Beckcham hingga pemain muda yang muncul sebagai penerus tendangan free kick yang lebih mematikan seperti Hakan Calhanoglu, Alessandro Florenzi, Willian Borges dan Marco Reus menjadikan free kick menjadi senjata utama untuk mencetak gol dari tendangan bebas.

Free Kick juga menjadi sebuah keuntungan bagi sebuah tim mencetak gol, terlebih lagi mengenal permainan Sepakbola modern yang selalu tampil menekan dimana pemain penyerang dan gelandang menjadi target para defender lawan. Moment Free kick juga menjadi tanggung jawab yang besar untuk pemain yang mengeksekusi tendangan bebas. Tehnik yang baik dan mental yang kuat menjadi faktor penting pemain bisa mencetak gol dari eksekusi tendangan bebas pilihan untuk mengumpan kawan atau melayangkan bola langsung ke gawang dan mencetak goal merupakan pilihan yang harus di pikirkan oleh sang eksekutor penendang bebas.

 

Mempelajari tehnik free kick akan mempermudah kamu menghadapi kondisi di atas, berikut tips dan trick untuk kamu melatih tendangan bebas atau free kick. Selain itu kamu bisa menabah skllis sepak bola anda, berikut merupakan tips & trick untuk kamu yang ingin menjadi jagoan free kick :

1. Gunakan bagian kaki paling kuat kamu saat melakukan free kick, karena dengan kaki dominan kamu dapat mengatur power saat menendang bola kebanyakan pemain dunia memilih kaki dominan dan menggunakan bagian dalam untuk melambungkan bola atau bagian tempurung bagian dalam untuk jarang yang terbilang pendek.

2. Perhatikan Power saat menendang, setelah menentukan kaki mana yang akan di gunakan untuk menendang bola kamu juga harus mengukur power tendangan bola tentu ini tergantung jarak dan posisi kamu sebagai eksekutor.

3. Ambil gaya tendangan bebas yang kamu nyaman menggunakannya sebagai refrensi berikut adalah tiga gaya tendangan bebas yang di lakukan para pemain dunia. :

Cannon

Tehnik ini sering di gunakan oleh Roberto Carlos dengan menendang bola sekeras mungkin dengan menggunakan bagian kura-kura kaki atau kaki bagian luar. Teknik ini identik dengan sebutan net-buster karena menekankan pada kekuatan tendangan yang menghasilkan luncuran bola berkecepatan tinggi, baik yang mengudara atau yang menyusur tanah.

Swerve

Teknik swerve umumnya dilakukan dengan menendang menggunakan ujung kaki bagian dalam, dengan cara ‘memelintir’ bola sehingga bola akan berotasi. Namun bisa juga dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar untuk ‘memelintir’ bola, yang tekniknya dikenal dengan sebutan trivela. Teknik trivela sering dipraktekkan oleh Ricardo Quaresma dan Mesut Özil. Teknik swerve yang dilakukan dengan cara trivela dapat menghasilkan swerving cannon ball seperti yang dilakukan oleh Roberto Carlos ke gawang Perancis di ajang Tournoi de France 1997.

Knuckle

teknik yang dipopulerkan oleh Juninho Pernambucano. Tidak seperti teknik swerve yang mengandalkan rotasi atau perputaran bola, teknik drive/knuckle justru meminimalisasi atau sama sekali tidak membutuhkan rotasi bola dan lebih memanfaatkan angin atau udara yang bergerak. Tendangan dilakukan dengan menggunakan pangkal tiga jari terdalam dari kaki yang menendang, sehingga ada yang menyebut teknik in sebagai ‘three fingers free-kick’. Bola ditendang di titik tertentu sehingga ketika mengudara, bola secara tiba-tiba bisa berubah arah. Rahasia tendangan bebas yang biasa dilakukan oleh Juninho adalah menendang bagian lubang udara bola, yang sebelumnya sudah ditempatkan di posisi yang tepat dan pas ketika ia menaruh bola sebelum mengambil tendangan bebas. Dengan teknik ini, ketika bola ditendang, udara yang terkandung dalam bola akan mengalami pergerakan yang tidak beraturan – NJ SuperSkillsSoccer –

Share & Like Artikel ini :
2237

One thought on “Tehnik Freekick Keren yang Bisa Buat Goal Indah

  • 3 September 2017 at 2:14 pm
    Permalink

    Ya sangat memuaskan dan akan saya pelajari besok

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.